Selasa, 08 April 2014

TIPS JADI OWNER CLOTHING LINE SUKSES



Oleh : Hisyam Adnan


Beberapa hari kemarin banyak teman-teman yang bertanya pada saya, tentang apa dan bagaimana caranya untuk menjadi seorang entrepreneur sukses di bidang clothing kaos distro. Pertanyaan ini pun membuat diri saya penasaran untuk mencari tahu lebih dalam tips jadi owner clothing line sukses, dan akhirnya saya sharing dengan sahabat-sahabat saya yang kebetulan sudah sukses bisnis clothing.

Clothing line atau kaos distro (entah kenapa orang lebih familiar dengan sebutan ini), adalah salah satu bisnis yang memiliki karakter yang unik dan populer di kalangan anak muda, karena mewakili banyak hal, sebagai pembuktian bahwa dirinya adalah trendsetter, sebuah gerakan independent, atau hanya sekadar untuk mengungkapkan pendapatnya kepada publik. Apa dan bagaimana pun alasannya, kaos distro telah menjadi bisnis yang populer di mata para pebisnis pemula.

Membangun bisnis kaos distro ini gampang-gampang susah, di samping banyaknya kompetitor, yang harus dipertimbangkan oleh anda adalah memerlukan waktu yang lama untuk memutar modal anda sehingga bisnis anda sampai di tingkat aman. Tetapi hal itu tidak hanya terjadi di bidang bisnis kaos distro, pada dasaranya semua bidang bisnis bisa terjadi sperti itu, maka anda tidak perlu khawatir karena itu berarti kesuksesan anda ada pada seberapa bagus kualitas dan profesional anda sebagai seorang entrepreneur.

So, bagaimana donk caranya untuk menjadi seorang entrepreneur sukses di bidang ini? Bisa kita lihat tidak sedikit dari kita, yang pada masa sekarang ini terobsesi dengan planning, mencari-cari jawaban tentang bagaimana tantangan sebelum memulainya, dan bagaimna panduan atau prosedur untuk memulainya secara mendetail step by step. Orang-orang seperti ini kebanyakan akan mentok di tingkat tertentu. Lalu bagaimna solusinya? Mulailah apa yang ingin anda lakukan sekarang juga, karena mungkin anda tidak akan memiliki semua jawaban dari problem yang akan muncul nantinya, tapi pengalaman yang anda dapatkan dalam mengelola bisnis ini akan mengarahkan anda untuk dapat mengatasinya, karena sejatinya “Business Is Personal”, tidak ada yang namanya ilmu pasti dalam meraih kesuksesan. Setiap usaha dan setiap orang memiliki caranya sendiri untuk meraih kesuksesan tersebut. Akan tetapi memang ada beberapa sikap yang dapat anda ambil garis besarnya dan anda dapat belajar dari hal tersebut. Berikut beberapa sikap yang sering saya lihat dari setiap pemilik clothing line yang sukses.

1. Always Positive Thinking

Kata beberapa sahabat saya yang memiliki usaha kaos distro, mengatakan bahwa saat memulai berbisnis adalah saat-saat terberat dalam bisnis ini, karena pada saat tersebut untuk menghasilkan suatu sales atau penjualan itu membutuhkan effort atau upaya yang luar biasa dan juga terkadang hasil yang didapat tidak seperti yang dibayangkan. Ditambah lagi beberapa permasalahan lainnya, seperti vendor yang kurang kompeten, pembayaran konsinyasi yang lama dan sebagainya. Saat itulah saat-saat kritis dimana anda mulai berputus asa dan berpikir untuk keluar dari bisnis ini. Saran saya adalah jangan turuti pemikiran anda tersebut, karena saat-saat itu adalah saat-saat dimana anda akan dipaksa untuk melampaui batas diri anda yang tanpa anda sadari telah anda set untuk membatasi diri anda. Selain itu, saat-saat sulit dapat membentuk menjadi seseorang yang tangguh. Jika anda dapat melalui saat-saat tersebut dengan tetap positif, maka segalanya akan datang pada waktunya. So, positive thinkinglah..! and wait please..!

2. Kuasai Market dan Konsumen Anda

Sikap atau tips kedua yang harus anda lakukan adalah kuasau segment market anda. Sebagus apapun produk anda, kalau tidak ada penjualan maka bisnis itu tidak akan bertahan lama. Ini berlaku juga dalam usaha kaos distro. Banyak orang-orang brilian berkutat dalam hal ini, dan merasa bahwa konsumen akan datang pada mereka dengan sendirinya tanpa mengetahui market mana yang mereka tuju, walhasil pun tidak seperti yang mereka bayangkan. Perlu anda camkan dan ingat bahwa pada akhirnya konsumenlah yang menentukan seberapa panjang umur usaha anda, maka pandailah mencari market yang dapat terkoneksi dengan produk anda.

3. Buatlah Segment dan Target Market Anda



Sikap atau tips ketiga yang harus anda lakukan adalah buatlah segment dan target market anda. Ketauhilah dalam bisnis clothing, anda tidak bisa memproduksi dan menjual produk pada semua orang. Sebagimana yang telah diuraikan diatas, bahwa anda harus memahami siapa market anda dan bagaimana mereka memilih produk yang ingin dia beli. Mencoba menyasar atau masuk ke banyak segmen market menunjukkan bahwa anda tidak mengerjakan apa yang menjadi tugas anda, yaitu segmentasi pasar dengan baik, atau malah anda akan cenderung bermalas-malasan. Membuat produk kaos untuk banyak segmen membuat anda kehilangan ciri khas produk anda, sehingga pada akhirnya bisnis anda tidak memiliki value added atau nilah tambah yang dapat ditawarkan kepada konsumen. Hal ini dapat membuat kesetiaan pelanggan berkurang dan lambat laun bisnis kaos distro ini pun stagnan. Sebaiknya anda melakukan STP (segmenting, targeting, dan positioning) secara baik, agar anda menemukan pasar niche, pasar kecil yang setia, sehingga usaha anda ini dapat selalu berkembang dengan lebih baik.

4. Lakukan Test Market Dan Selalu Sesuaikan

Sikap atau tips keempat yang harus anda lakukan adalah test market dan sesuikan. Pada saat ini ketersediaan informasi dengan dukungan perkembangan teknologi yang terus berinovasi semakin canggih membuat kita dapat melakukan test dengan biaya minim. Salah satunya anda bisa bergabung dengan forum-forum komunitas design dan juga clothing line untuk melihat bagaimana kondisi terkini dan juga inovasi yang ada. Kemudian anda juga dapat mengetes bagaimana kualitas produk anda dengan mempostingnya di forum tersebut. Semua informasi tersebut dapat anda kumpulkan dan lakukan simulasi, apakah hal tersebut memberikan support yang baik terhadap usaha kaos distro anda atau tidak. Jika ya teruskan, jika tidak hentikan. Jadilah model usaha yang dinamis.

5. Humanisasikan Brand Anda

Sikap atau tips kelima yang harus anda lakukan adalah humanisasikan brand anda. Hal ini penting dalam bagaimana brand anda berinteraksi di social media. Ketahuilah social media belakangan ini menjadi komponen penting yang dapat mendukung usaha kaos distro anda menuju ke level selanjutnya. Kita sering terjebak dengan definisi sukses di dunia social media ini, semakin banyak follower atau friend menandakan bahwa brand anda telah berhasil. Hal ini sungguh tidaklah benar. So, hal ini seharusnya mempengaruhi anda dalam membentuk brand anda, sehingga akan membuat anda berpikir lebih jauh bagaimana brand anda dapat berinteraksi secara continue dengan para follower tersebut tanpa meninggalkan aspek manusianya sehingga interaksi antara brand dengan konsumen menjadi lebih dekat. So, buat dan jadikanlah brand yang membuat orang kagum dan ingin membeli produk yang anda buat.

6. Always Have Fun

Dan yang terakhir adalah always have fun. Tidak sedikit dari kita yang memulai bisnis clothing ini dengan tujuan memiliki usaha yang menguntungkan tapi juga memberikan kesempatan melakukan hal yang disenangi dan juga have fun. Tetapi ternyata lambat laun, semua itu terkikis pelan-pelan seiring dengan datangnya masalah seputar bisnis clothing ini. Maka luangkan waktu sejenak dan ingatlah apa yang dahulu ingin anda capai dan refleksikan dengan keadaan sekarang. Apakah sudah sesuai dengan harapan anda dahulu? Jika belum, cobalah pendekatan seperti yang anda lakukan dahulu, dimana anda memiliki kepuasan ketika mengurus usaha tersebut dan merasa senang. Hal ini terkait dengan produktifitas anda, karena jika anda merasa stress maka produktifitas anda tidaklah sebaik anda dalam keadaan senang. Kata kuncinya adalah, love what you do, love what you produce, and the others will come. Cintailah apa yang anda kerjakan, cintailah apa yang anda hasilkan, maka segalanya akan tiba pada waktunya.


Selamat mencoba..!





Salam sukses..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar