Memulai sebuah usaha clothing line
atau yang biasa disini kenal dengan kaos distro bisa dibilang
gampang-gampang susah. Tak banyak yang tahu bagaimana cara memulainya
dan berapa estimasi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kaos
distro tersebut. Tentunya dalam mendirikan usaha kaos distro,
diperlukan waktu untuk riset yang tidak sebentar, karena banyak yang
harus dipersiapkan dalam prosesnya agar tepat sasaran dengan apa yang
diinginkan dari usaha kaos distro ini.
Kaos distro mulai menjadi sebuah tren dalam dunia usaha pada tahun 1996, dan semenjak itu banyak bermunculan brand-brand baru yang ikut meramaikan industri kreatif yang satu ini. Distro adalah singkatan dari distribution outlet,
yaitu suatu tempat usaha yang mendistribusikan hasil-hasil produksi
yang dihasilkan oleh suatu brand yang kuantitasnya terbatas. Dengan
sifatnya yang terbatas (limited) sehingga tercipta sebuah kesan
eksklusif dari produk tersebut, sehingga banyak orang mulai mencari dan
menggemari kaos distro, hasil karya para brand tersebut, karena tidak
banyak yang memilikinya alias terbatas.
Prospek usaha kaos distro ini juga
terhitung baik. Banyak orang yang memulai bisnis ini dan pada akhirnya
sukses. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang terinspirasi untuk
ikut memulai usaha kaos distro ini. Ada juga yang menekuni usaha kaos
distro ini karena dirinya ingin mengekspresikan kreatifitasnya dalam
sebuah kaos, sehingga dapat dinikmati oleh orang lain.
Cara Memulai Usaha Kaos Distro
Dalam memulai usaha kaos distro ini ada
beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum dimulai
produksinya. Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai usaha ini
antara lain adalah :
- Tentukan Konsep
Dengan persaingan yang semakin lama
semakin ramai, ada baiknya sebelum memulai usaha kaos distro ini para
wirausaha menetapkan apa yang ia ingin capai dalam bisnis ini. Setelah
misi ditetapkan maka proses selanjutnya adalah menentukan konsep dari
brand kaos distro anda tersebut. Apakah nasionalis, apakah musik,
apakah gothic dsb. Konsep ini yang nantinya akan menjadi nilai jual
produk kaos distro anda kepada konsumen, sehingga makin unik ide anda
tersebut semakin baik dan juga menemukan pasar yang pas, usaha kaos
distro anda akan sukses.
- Lakukan Riset
Riset ini penting sebelum anda memasuki
proses produksi. Riset ini bertujuan untuk melihat potensi pasar yang
akan anda garap nantinya. Riset ini melingkupi riset tentang berapa
harga jual yang akan ditawarkan, bagaimana pasar merespons, persebaran
ukuran kaos, dan juga tema apa yang laku dipasaran. Di samping itu
juga, anda perlu untuk meriset vendor (jika anda tidak produksi sendiri) karena itu penting dalam operasional anda nantinya.
- Pikirkan Sistem Distribusi
Dalam operasional usaha kaos distro ini,
system distribusi bukanlah sebagai komponen pelengkap saja, akan tetapi
system distribusi adalah komponen penting yang dapat mempengaruhi
kesuksesan usaha kaos distro anda. Meskipun produk yang anda hasilkan
sangat bagus, jika anda tidak bisa mendistribusikannya maka usaha anda
tersebut berada dalam bahaya. System distribusi disini mencakup
bagaimana anda akan menjual hasil produksi anda online atau offline,
toko mana saja yang bisa berkonsinyasi dengan anda, perlukah agen atau
reseller freelance,dsb.
- Pikirkan Konsep Marketing
Marketing bukanlah hanya bagaimana kita
dapat menjual kaos distro kita. Branding, advertising, dan juga promosi
harus kita pikirkan dalam bagian ini. Kaos distro tidak hanya tentang
produk yang bagus tapi juga tentang sebuah simbol dari gaya hidup yang
menarik dan dinamis. Kita harus pintar-pintar mengemasnya dalam
berbagai aktivitas promosi, baik di social media maupun di lapangan.
- Permodalan
Memulai usaha kaos distro tentu saja
membutuhkan modal untuk memulainya. Besaran modal bisa bervariasi
tergantung dari kuantitas dan kualitas kaos yang ingin dibuat. Banyak
yang terjebak pada perhitungan modal ini. Jika anda memikirkan nominal
biaya yang anda perlukan dalam membuat usaha kaos distro (misalkan satu
juta), maka kalikanlah nominal tersebut dengan angka 5. Hal ini
diperlukan karena dalam memulai usaha seringkali para wirausaha berpikir
usahanya akan langsung sukses dan barang yang diproduksi akan terjual
habis, tetapi kenyataan tidak selalu seperti itu. Dengan dikali oleh
angka 5 tadi, maka wirausaha akan mendapatkan nominal modal yang aman
dalam menjalankan usahanya.
Simulasi
Berikut simulasi perhitungan biaya yang
dibutuhkan dalam menjalankan usaha kaos distro yang eksklusif dan
berbahan baku yang sangat baik. Biasanya vendor memasang minimum order
produksi sebesar 4 lusin (48 buah).
Biaya Produksi
| Pos Pengeluaran | Harga Satuan | Kuantitas | Total |
| Kaos combad cotton 30s |
Rp 55.000,-
|
48
|
Rp 2.640.000,-
|
| Design |
Rp 100.000,-
|
1
|
Rp 100.000,-
|
| Packaging |
Rp 5.000,-
|
48
|
Rp 240.000,-
|
| Total |
Rp 2.980.000,-
|
||
| HPP |
Rp 63.000,-
|
Perhitungan Keuntungan
| Keterangan | Harga Satuan | Kuantitas | Total |
| Harga Jual |
Rp 125.000
|
48
|
Rp 6.000.000,-
|
| Biaya Konsinyasi (30%) |
Rp 37.500
|
48
|
Rp 1.800.000,-
|
| Biaya Produksi |
Rp 63.000
|
48
|
Rp 2.980.000,-
|
| Profit |
Rp 1.220.000,-
|
||
| Profit per pcs |
Rp 25.500,-
|
Dari perhitungan diatas, bisa dilihat apa saja yang menjadi landasan atau biaya pokok dalam memulai usaha kaos distro. Banyak yang dapat anda sesuaikan, misalkan biaya packaging maupun kualitas bahan yang anda pakai, sehingga sesuai dengan target market yang anda tuju
Tidak ada komentar:
Posting Komentar