Oleh :
Hisyam Adnan
Brosur
dan Pamflet merupakan media advertising yang tidak bisa kita lepaskan dari
kegiatan promosi, ke-duanya merupakn unsur-unsur yang sangatlah penting dalam
menunjang suksesnya promosi yang efektif untuk memperkenalakan suatu produk dan
jasa. Dalam seni advertising, membuat sebuah master print brosur yang bagus dan
efektif bukanlah pekerjaan mudah, tetapi bukan pula merupakan sesuatu yang
sangat sulit untuk diwujudkan. Semuanya tergantung bagaimana pemahaman anda
terhadap bisnis dan penggalian ide pembuatan yang tepat.
jika
Anda ingin membuat brosur atau pamflet sesuai keinginan anda, tentunya hal itu
sangatlah baik jika konsep sepenuhnya merupakan ide dari anda sendiri, tetapi
kadang kita kesulitan untuk dapat menuangkan konsep tersebut ke dalam bentuk
desain brosur yang menarik, mungkin karena kita memiliki keterbatasan untuk hal
tersebut. Ada solusi untuk mengatasi masalah itu, anda bisa belajar membuat
brosur dari portofolio orang lain, ini merupakan salah satu cara alternatif
mudah yang dapat anda pilih atau bisa meminta bantuan jasa desain brosur untuk
membantu mewujudkan konsep anda.
- Pahami Konsumen AndaSebelum Anda menghabiskan waktu dalam mendesain sebuah brosur bagi bisnis anda, pastikan Anda telah memahami pelanggan dan calon konsumen anda. Anda harus mengetahui mengapa mereka mau membeli produk anda? Hal terpenting apa yang dapat dilakukan atau yang diterima oleh mereka? Solusi apa yang bisa anda tawarkan dari produk usaha anda? Dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya. Jika anda tidak mengtahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, tanyakan saja kepada tenaga penjualan anda atau berbicara langsung dengan para pelanggan. Gunakan jawaban mereka untuk membantu anda dalam menentukan poin terpenting yang akan anda tuangkan pada brosur.
- Perhatikan
AIDA
AIDA yang dimaksud di sini bukanlah si cewek cantik tetangga sebelah. AIDA artinya Attention (perhatian), Interest (ketertarikan), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Brosur yang akan anda sebarkan harus membuat para calon konsumen sedikit tertarik melihat brosur anda, kemudian mulai tergoda untuk membacanya, menjadi terpengaruh untuk memiliki produk yang ditawarkan, dan pada akhirnya membuat mengambil keputusan untuk get action (misalnya: menelepon, membeli, memesan, atau bergabung dalam bisnis anda). - Jangan
Memajang Gambar yang Tidak Penting
Sebaiknya anda tidak menghabiskan space brosur anda dengan gambar-gambar yang kurang penting, misalnya kemegahan gedung kantor anda, foto-foto karyawan yang cantik-cantik, dan lainnya. Para calon konsumen hanya membutuhkan detail produk, bukan sesuatu yang dapat membuat mereka menjadi kurang fokus terhadap apa yang anda tawarkan. Deskripsikanlah secara jelas apa saja manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen jika memilih produk anda. - Gunakan Deskripsi Judul yang Cetar Membahana Badai serta Grafik yang Atraktif.Hanya perlu waktu 5-10 detik bagi seseorang untuk memutuskan membaca atau tidak sebuah brosur. Oleh karena itu, sampul/halaman utama pada brosur anda harus dihiasi dengan headline judul yang menggoda. Grafiknya juga harus memancing rasa ingin tahu. Jika sampulnya kalem dan biasa-biasa saja, maka kemungkinan besar brosur anda akan tetap menumpuk atau langsung dibuang ke bak sampah.
- Maksimalkan
Isi atau Content Brosur Anda
Isi materi tulisan dalam brosur bisa saja mencakup keseluruhan isi materi yang akan kita sampaikan, namun dalam hal ini dapat menjadikan brosur anda terlihat padat akan tulisan dan terkesan sempit tidak luas, sehingga komposisi desain akan sangat minimalis. Maka, jangan menuliskan hal-hal yang kurang penting. Cantumkanlah manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh konsumen, poin-poin utama yang menjadi fokus konsumen, anjuran tindakan selanjutnya, alasan mengapa mereka harus action now, dan tulis cara mereka menghubungi anda dengan mudah. Biasanya peran desain dan gambar sangat menentukan dalam pembuatan brosur unik dan indah untuk dipandang. - Setting
LayoutLayout atau posisi tata letak berkaitan erat dengan bentuk brosur, ukuran brosur dan content isi brosur, baik teks, gambar, maupun desain lainnya. Karena layout merupakan panduan awal yang penting untuk menentukan di mana nantinya teks, gambar, atau desain akan kita letakkan dalam media brosur, sehingga dengan arah penempatan yang kita tentukan sebelumnya, isi materi akan dapat tersusun dengan sempurna dan akan memudahkan kita tentunya untuk memodifikasi brosur tersebut
- Ciptakan
Desain yang Unik
Hal terakhir yang mesti dilakukan agar brosur anda berfungsi maksimal dan efektif adalah membuat desain brosur yang menarik dan unik. Anda bisa konsultasikan langsung dangan para profesonal desain.
Salam sukses..!!!
Terima kasih informasinya mas, sangat membantu sekali ..
BalasHapuskunjungannya di tunggu...
http://miraclekonveksi.com/